Cara Membangun Hubungan Antara Orangtua dan Anak

Perilaku negatif anak memang sangat meresahkan orang tua. Tentu hal ini perlu penanganan yang efektif. Salah satunya adalah menjaga hubungan antara orang tua dan si anak.

Menurut psikolog anak dan keluarga, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi. hubungan yang erat dan hangat antara ibu dan anak dapat menghindarkan anak dari perilaku negatif. “Hubungan ibu dan anak yang erat juga dapat mengurangi risiko anak untuk memiliki hubungan yang tidak sehat di masa depannya,” katanya.

Dilansir dari majalah TIme,  para peneliti menemukan bahwa kepekaan dan daya tanggap seorang ibu berdampak pada kehidupan seorang anak. Kepekaan dan rasa tanggap yang tinggi bisa memiliki konsekuensi seumur hidup bagi kompetensi akademis dan sosial anak.

Selain pengembangan keterampilan akademis dan sosial, penelitian lain juga menyebutkan bahwa interaksi dan hubungan ibu-anak yang positif berperan penting dalam pengembangan karier anak-anak.

Menurut Vera, seorang ibu adalah penyedia empat kebutuhan utama yakni :

  1. Dicintai tanpa syarat
  2. Ditenangkan saat stres
  3. Kejujuran dalam hubungan
  4. Pertemanan yang hangat.

Hubungan keluarga yang erat dan hangat tidak hanya membantu anak-anak mempelajari keterampilan penting yang berhubungan dengan pekerjaan saja. Namun hal itu  juga dapat memberi anak kepercayaan diri untuk mengeksplorasi berbagai pilihan karier dan membuat transisi karier yang sukses.

“Sebagai anak, sudah sepatutnya kita juga membalas kebaikan ibu dengan berusaha memenuhi apa yang dibutuhkannya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menghabiskan waktu bersamanya tanpa ada distraksi apapun sehingga ibu merasa benar-benar diperhatikan secara penuh, diapresiasi dan dicintai khususnya di momen Hari Ibu,” kata Vera seperti dilansir laman antaranews.

Dalam sebuah tulisan yang berjudul Membangun Relasi yang Baik antara Orangtua dan Anak disebutkan bahwa  orang tua harus bersama-sama membangun relasi yang baik terhadap anaknya. Tidak hanya ibu, tetapi juga ayah.  Bila rasa percaya dan anak terbuka pada orangtua untuk menceritakan permasalahan yang dialami maka orang tua dapat memberikan saran yang tepat dan meminimalisir dampak buruk lainnya.

Oleh karena itu pentingnya orangtua mengetahui cara menjalin relasi yang baik dengan anak, yaitu :

  1. Memenuhi kebutuhan fisiologis anak
  2. Bersikap toleransi
  3. Relasi orang tua-anak yang permisif
  4. Sikap orang tua yang terlibat dan peduli terhadap anak
  5. Relasi orang tua-anak yang diwarnai kehangatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang