Tips Agar Pergelangan Tangan Tidak Nyeri

tangan nyeri

Pergelangan tangan Anda nyeri karena sering sering menggunakan laptop atau komputer. Hal ini menjadikan tidak dalam beraktifitas. Namun tidak usah khawatir karena Anda bisa merenggangkan otot-otot Anda dengan beberapa cara agar pergelangan tangan tidak nyeri.


Menurut dokter bedah ortopedi, Wiliam Seitz rasa sakit dan pegal ini karena masalah persendian area pergelangan tangan adalah satu penyebabnya adalah menekan tombol di laptop secara berulang lama-lama juga bisa menimbulkan rasa sakit di jari.


Nyeri pergelangan tangan juga bisa berhubungan dengan jaringan saraf yang saling berhubungan dari ujung jari ke leher. Inilah yang membuat jari, pergelangan tangan, dan leher sering sakit saat terlalu sering mengetik sehingga perlu cara untuk mengatasi kondisi ini.

Berikut cara agar pergelangan tangan tidak nyeri seperti dilansir laman antaranews :

  1. Kepal tangan dan membukanya. Gerakan ini sederhana. Cukup dengan mengepalkan dan kemudian membukanya membantu mengendurkan otot yang lelah. Memegang nola stres juga bisa digunakan untuk latihan. Lakukan 100 kali dalam sehari.
  2. Jepit semua jari dan kemudian dibuka. Adapun cara sederhana ini adalah dengan menarik semua jari menjadi satu lalu buka. Hal ini apabila sering dilakukan akan meningkatkan rentang gerak pada tungkai. Untuk yang kedua ini ada naiknnya Anda melakukan 100 kali sepanjang hari.
  3. Ketukan jari latihan. Caranya adalah dengan menghintung jari 20 kali sehari dapat membantu Anda meningkatkan mobilitas jari. Caranya, katupkan semua jari dengan jempol secara bergantian.
  4. Gerakan telapak tangan ke bawah. Caranya adalah dengan mengambil bola atau buah bulat dan genggam di tangan Anda. Kemudian hadapkan tangan ke arah bawah lalu turunkan sedikit. Ada baiknya Anda melakukannya 50 kali dalam sehari
  5. Gerakan telapak tangan ke atas. Cara ini sama dengan yang dilakukan saat telapak tangan, namun kali ini menghadap ke atas sebanyak 50 kali. Aktifitas ini akan membantu meningkatkan sinyal tangan sekaligus memperkuat pergelangan tangan.
    Selain untuk mengendurkan sendi yang kencang, cara ini juga dapat membangun kekuatan otot untuk melakukan tindakan berulang seperti mengetik dan pekerjaan rumah lainnya.
    Namun bila Anda mengalami nyeri berkepanjangan pada pergelangan tangan, sebaiknya segera dikonsultasikan kedokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang