Bolehkan Tidur dengan Rambut Basah

rambut basah

Tidur dengan rambut basah tidak disarankan oleh dokter. Alasannya tidur dengan rambut basah dapat mengakibatkan kerusakan besar pada rambut. Selain itu juga dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri Hing beresiko menyebabkan radang folikel rambut dan seborrhea atau penyebab timbulnya ketombe.


Hal itu dikemukakan oleh pakar dermatologi Steven D. Shapiro. Menurutnya walau memang tak akan menyebabkan Anda terkena pilek, tidur dengan keadaan seperti itu dapat menyebabkan batang rambut menjadi melunak. Dampaknya helai rambut menjadi lemah dan lebih mudah patah serta rontok.


Di sisi lain, rambut basah menyebabkan kulit basah, yang berpotensi menyebabkan pertumbuhan bakteri, jamur berlebihan apabila tetap lembab untuk jangka waktu yang lama. Hasilnya, meningkatnya risiko perkembangan folikulitis (radang folikel rambut) dan Seborrhea (penyebab ketombe). “Begitu infeksi muncul, peradangan meningkat, yang selanjutnya dapat melemahkan rambut,” kata Shapiro seperti dikutip dari laman antaranews.com.


Selain itu tidur dengan rambut basah menyebabkan rambut terasa berminyak di pagi hari. Sama dengan ketika berenang tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan kulit di kepala Anda kering. “Kemudian kulit kering dapat mengaktifkan kelenjar minyak untuk mengimbangi kekeringan. Kulit kepala memiliki banyak kelenjar minyak, jadi ini kondisi umum. Pada dasarnya, tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan lingkaran setan kerusakan dan minyak,” kata Shapiro.

Selain itu tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan infeksi kulit kepala. Hal tersebut disebabkan karena kepala yang basah menjadi lingkungan yang ideal bagi mikroorganisme untuk bereproduksi. Apalagi tempat tidur yang hangat mampu menciptakan iklim yang semakin sempurna tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab infeksi

Disebutkan pula bahwa tidur dengan cara seperti ini dapat menyebabkan sakit kepala. Bakteri yang tumbuh di kepala dan menyebabkan infeksi, secara alami akan meningkatkan peredaran darah ke kulit.

Jika tidak ada waktu banyak untuk mengeringkan rambut saat mau tidur ada beberapa hal yang bisa bisa dilakukan untuk meminimalkan kerusakan rambut. Salah satunya memanfaatkan kondisioner rambut.


Kondisoner yang menutrisi dapat melembapkan kembali rambut yang telah mengering karena terkena air. Setelahnya, tunggu setidaknya 10-15 menit atau dalam situasi yang ideal sampai helai rambut Anda 80 persen kering. Selain itu bisa juga dengan mengiakan handuk. Caranya, bungkuslah rambut Anda dengan handuk tanpa harus menggosok rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw