Khasiat Jeruk untuk Atasi Penyakit

buah jeruk

Khasiat buah jeruk ternyata banyak sekali. Pada umumnya, jeruk mampu mengatasi pelbagai problematika perempuan, sebagai pelengkap terapi kanker prostat hingga sebagai anti radang. Tak salah kalau buah jeruk selain manis juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh .

Selain itu buah jeruk memiliki khasiat sebagai anti racun, mencegah rasa sakit hingga pingsan setelah melahirkan. salah satu khasiat buah jeruk lain adalah daunnya yang bisa menjadi anti jamur khususnya jeruk nipis . Untuk kulitnya khusus buah jeruk nipis dan kulit buah jeruk keprok mengandung minyak atsiri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus.

Jeruk memiliki beragam varietas diantaranya jeruk Bali, jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk keprok, jeruk Mandarin, jeruk purut , jeruk manis. Sebagian di antaranya terdapat di Indonesia, seperti jeruk Bali, jeruk keprok, jeruk nipis.

Berikut adalah khasiat buah jeruk yang ditulis oleh dr Dito Anurogo MSc adalah dosen FKIK Unismuh Makassar yang disarikan dari laman antaranews.com

  1. Untuk kanker prostat, siapkanlah 1 jeruk mandarin, 1 buah pir, 2 buah pace, 200 gr semangka, 60 gr temu putih, dipotong-potong, diblender dengan air secukupnya, diminum 2x sehari. Untuk influenza, potonglah 1 jeruk purut matang peraslah, seduhlah dengan 60 cc air hangat, langsung diminum.
  2. Untuk meredakan demam pada anak, campurkan kulit jeruk Bali (150 gram), irisan lengkuas (100 gram), daun sembung (200 gram), daun sirih (7 lembar), akar tapak liman (100 gram). Campuran tersebut diberi air secukupnya, lalu direbus hingga mendidih. Biarkanlah sesaat sampai hangat. Gunakanlah sebagai campuran yang digunakan untuk mandi berendam sekitar sepuluh menit.
  3. Untuk melenyapkan jerawat, belahlah 1 jeruk nipis, gosokkan pada kulit yang berjerawat sebelum tidur, lakukan setiap hari secara teratur. Untuk kulit bersisik, jeruk purut yang tua dibagi dua. Gosokkan perlahan di kulit bersisik, sekali sehari, malam hari sebelum tidur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain