Menjaga Usus Agar Tetap Sehat

menjaga usus

Hormon kebahagiaan yang ada di dalam tubuh kita 70 persen dipengaruhi oleh kinerja usus. Untuk itu perlu sekali menjaga usus agar tetap sehat. Disebutkan bahwa mikrobioma usus mungkin adalah pengatur kesehatan kita yang paling penting.

Hal itu dikatakan oleh Dr.Mark Hyman, seorang dokter asal Amerika. Menurutnya merawat kesehatan usus dapat membantu seseorang melawan dan mengobati penyakit kronis yang kompleks seperti jantung atau diabetes. “Mikrobioma usus mungkin adalah pengatur kesehatan kita yang paling penting. Ada 100 triliun mikroba yang mengirimkan pesan ke seluruh tubuh Anda, berinteraksi dengan hormon, sistem kekebalan, kimia otak, dan setiap sistem lain di tubuh Anda,” kata Dr. Mark seperti dikutip laman antaranews.

Untuk itu Dr. Mark pun membagikan tips untuk menjaga usus agar tetap sehat sebagai berikut

  1. Kurangi makanan olahan. Menurut Dr. Mark salah satu cara yang terbaik menjaga usu kita adalah dengan mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung gula, karbohidrat olahan. Namun kita harus memperbanyak makanan yang mengandung serat.
  2. Konsumsi makanan kaya serat. Disebutkan bahwa bakteri sehat di usus kita memakan serat. Untuk itu Anda disarankan memperbanyak atau menambahkan makan buah-buahan, sayuran berdaun dan kacang-kacangan ke dalam makanan. Maka dari itu isilah piring Anda dengan 75 persen berisi sayuran dan makanan nabati. Ada baiknya Anda mengonsumsi buah-buahan seperti seperti beri, cranberry, delima, blueberry, dan makanan berwarna lain untuk meningkatkan kesehatan usus Anda.
  3. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik . Makanan yang mengandung lemak baik seperti omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun extra-virgin dapat membantu mengurangi peradangan, memberikan kesempatan bagi bakteri usus yang sehat untuk berkembang.
  4. Tidur lebih banyak. Ternyata jika Anda tidak cukup tidur atau stres dapat memengaruhi kerja usus. “Bakteri usus mendengarkan pikiran dan perasaan Anda,” ujar Dr. Mark. Maka dari itu sangat disarankan untuk tidur rata-rata 7-8 jam. Selain itu juga melakukan aktivitas penghilang seperti yoga, meditasi, atau terapi secara teratur.
  5. Olahraga. Melakukan olahraga juga menjadi faktorpenting dalam menjaga kesehatan usus.  Dr. Mark menjelaskan ketika seseorang berolahraga tanpa melakukan banyak perubahan dalam pola makannya, hal itu dapat memroduksi bakteri baik yang membantu menghasilkan asam lemak yang dikenal sebagai butirat. “Butirat adalah asam lemak yang dapat mencegah kanker, mempercepat metabolisme dan mengurangi peradangan,” kata Dr. Mark.

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain