Tips Agar Anak Mudah Tidur

susah tidur

Tidur menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kesehatan anak. Namun terkadang anak anak memang sangat susah untuk tidur. Jika anak Anda susah tidur ada beberapa tips agar anak mudah tidur oleh oleh Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si

Pertama adalah memberikan anak sesuatu dari bahan-bahan herbal seperti chamomile. “Yang bisa kita pakai adalah bahan-bahan herbal yang memang sudah terbukti aman buat anak-anak, aman buat balita misalnya bisa menginduksi tidur, yang punya efek ‘soothing’, “relaxing’, dan bisa membuat cepat ngantuk. Itu kita bisa pakai misalnya chamomile,” ujar dr. Inggrid seperti dikutip dari laman antaranews.com. Cr Inggrid  menambahkan bahwa chamomile banyak dijual di pasaran dalam bentuk kantung teh atau telah dikeringkan. Orangtua dapat menyeduh chamomile kering itu dengan air panas kemudian disaring dan ditambah madu.

Kedua adalah dengan memberikan anak minuman lain seperti susu hangat. Menurut Iggrid susu hangat dapat membuat anak mudah mengantuk sehingga cepat tidur.

Ketiga adalah dengan cara menggunakan aromaterapi di kamar. Adapun penggunaan aromaterapi akan menimbulkan suasana yang rileks dan menenangkan sehingga membuat anak nyaman. “Itu juga bisa pakai untuk anak anak juga dan yang dewasa,” kata dr. Inggrid.

Menurut Kementerian Kesehatan, anak pada usia 0-1 bulan umumnya membutuhkan waktu tidur 14-18 jam per hari. Hal ini akan membantu perkembangan otak yang baik dan normal. Adapun mereka yang berusia 1-18 bulan kebutuhan tidurnya menjadi 12-14 jam setiap hari termasuk tidur siang.

Sedangkan usia anak menjelang masuk sekolah, umumnya 3-6 tahun kebutuhan waktu tidurnya sekitar 11-13 jam. Sebuah ttudi menunjukkan bahwa anak usia di bawah 6 tahun yang kurang tidur cenderung mengalami obesitas di kemudian hari.Ketika anak berusia 6-12 tahun, membutuhkan waktu tidur 10 jam.

Disebutkan bahwa kurang tidur bisa menyebabkannya menjadi hiperaktif, tidak konsentrasi belajar dan memiliki masalah pada perilaku di sekolah.  Saat menjelang remaja atau berumur 12-18 tahun, seseorang membutuhkan waktu tidur 8-9 jam untuk mengurangi risiko terkena depresi, tidak fokus dan mendapatkan nilai akademis buruk. Itulah hal yang harus dilakukan agar anak mudah tidur utamanya di malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw