Tips Membersihkan Peralatan Ibadah di Masa Pandemi

sarung

Peralatan ibadah yang higienis menjadi sangat penting di masa pandemi ini. Terlebih saat bulan Ramadhan, dimana umat Islam lebih termotivasi dalam beribadah. Lalu bagaimana kita menjaga kebersihan peralatan ibadah seperti sarung, mukena dan sajadah mengingat pandemi masih berlangsung.  Berikut tips membersihkan peralatan ibadah di masa pandemi yang belum tuntas hingga Ramadhan tahun ini.  

Menurut Ketua Divisi Pedoman & Protokol Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV sebaiknya alat shalat dicuci secara rutin agar kebersihannya terjaga. “Tidak perlu setiap hari, tapi reguler dicuci jauh lebih baik, misalnya tiga sampai empat hari sekali,” kata Eka. Namun tidak hanya peralatan ibadah yang harus dicuci berkala, sebaiknya juga memisahkan alat-alat  sholat untuk di rumah dan untuk di masjid atau untuk dibawa saat bepergian. “Siapkan tas khusus yang berisi sajadah, sarung atau mukena untuk dibawa ke masjid. Jagalah jarak dengan orang lain untuk meminimalkan risiko droplet tertempel di alat-alat salat,” ujar Eka seperti dilansir dari laman antaranews.com.

Memang mas pandemi ini beribadah di dalam masjid penting dan harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Bahkan Kementerian Agama bahkan telah membuat aturan khusus mengenai pelaksanaan ibadah khususnya di masjid saat puasa Ramadhan tahun ini.

Menurut Eka, hendaknya kita memilih tempat sholat yang sudah menjalankan protokol kesehatan dengan ketat serta mengikuti arahan dari pemerintah mengenai ketentuan pelaksanaan tarawih, termasuk punya sirkulasi udara yang baik. “Selama sirkulasi dalam masjid dirasakan baik, maka tidak masalah sholat di dalam masjid. Prinsip VDJ (Ventilasi, Durasi dan Jarak) harus diperhatikan,” ujarnya. Namun tidak mengapa jika Anda memilih untuk melakukan sholat di area luar ruangan ketika berada di masjid.

Itulah tips membersihkan peralatan ibadah di masa pandemi ini.  Semoga selalu sehat wal afiat.

1 thought on “Tips Membersihkan Peralatan Ibadah di Masa Pandemi”

  1. Pingback: Seekor Ikan Seorang Ahli Ibadah » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain