Cara Mengolah Buah dan Sayuran yang Mengandung Vitamin C

vitamin c

Dalam buah dan sayuran banyak yang mengandung vitamin C. Namun apabila salah mengolahnya maka kandungan nutrisi dalam vitamin C yang terdapat dalam buah dan sayuran justru hilang. Untuk itu diperlukan cara yang benar untuk mempertahankan kandungannya.

Menurut dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK(K) ada beberapa cara agar vitamin C dalam buah dan saran tidak rusak. Salah satunya adalah tidak memotongnya terlalu kecil.

Selain itu buah dan sayuran yang mengandung vitamin C tidak dimasak dalam suhu yang panas. Selain itu buah dan sayuran yang mengandung vitamin C jangan merendam di air. Hal ini akan membuat vitamin C rusak.

“Waktu pengolahan sayur-sayuran dirajang, dimasukkan ke dalam air dia akan hilang. Waktu dimasak pakai api panas rusak, jadi banyak faktor yang bikin cepat rusak,” kata dr Inge seperti dilansir dari laman antaranews.com.

Dokter Inge menambahkan bahwa di balik khasiatnya yang beragam, vitamin C ternyata memiliki sifat larut dalam air dan mudah rusak. “Vitamin C adalah suatu vitamin yang larut air, artinya dia akan dibawa bersirkulasi di dalam darah, begitu dimakan akan ikut terbawa dalam sirkulasi dan dikeluarkan lewat urin,” ujarnya.

Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas, akan tetapi vitamin jenis ini mudah rusak jika mengolahnya tidak benar.  Selain itu sayuran atau buah bahan yang mengandung vitamin C banyak jangan disimpan di suhu yang terlalu panas, maka kandungan vitaminnya akan hilang.”Buah-buahan sayur-sayuran kalau ditaruh di luar kena panas, vitamin C nya akan rusak, waktu penyimpanan yang lama juga akan membuatnya rusak,” kata dr Inge. Ia menyarankan sebisa mungkin mengolah sayur tanpa melalui banyak proses. Jika dirasa kecukupan vitamin C nya masih kurang, bisa ditambah dengan mengonsumsi suplemen.

Vitamin C memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin yang  juga dikenal dengan nama asam askorbat termasuk salah satu vitamin esensial. Tubuh sangat membutuhkan vitamin C untuk menjalani berbagai fungsinya. Sebagai vitamin esensial, vitamin C punya fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Setidaknya, tubuh kita membutuhkan 75 mg (untuk wanita) sampai 90 mg (pria) vitamin C setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang