Makanan Bisa Membantu Meningkatkan Mood Anda

bayam

Ada hubungan yang erat antara manusia dengan makanan yang dikonsumsinya. Hubungan ini bisa dilihat ketika seseorang bisa merasa lebih segar dan bergairah ketika mengonsumsi jenis makanan tertentu. Ternyata makanan bisa membantu meningkatkan mood Anda.


Menurut seorang ahli kesehatan dari India bernama Eshanka Wahi, ada keterkaitan makanan dengan suasana hati disebabkan oleh sererotin atau hormon yang membantu menstabilkan suasana hati. Hormon ini 90 persen diproduksi di usus dan kemudian disalurkan ke otak melalui neurotransmiter yang ujungnya bisa menstabilkan suasana hati.
“Karenanya, meningkatkan asupan makanan yang memicu produksi serotonin dapat secara efektif membantu meningkatkan mood kita,” kata Eshanka yang juga Eat Clean with Eshanka kepada Indian Express. Ia menyebutkan bahwa kunci memelihara suasana hati adalah dengan mendapatkan nutrisi yang baik dan mengkonsumsi kamanan yang membantu meningkatkan mood Anda.


Berikut adalah bebeapa jenis makanan yang bisa membantu meningkatkan mood Anda :

Pertama : Buah beri. Makanan ini dipercaya kaya anti oksidan dan mampu mengelola peradangan yang terkait dengan dengan depresi dan gangguan hati. Dalam buah beri terdapat berbagai kandungan anti oksidan dan senyawa fenolik yang mempunyai peran penting dalam memerangi stres oksidatif atau gangguan ketidakseimbangan senyawa berbahaya yang ada dalam tubuh Anda. Buah ini kaya akan antosianin yang mampu melawan penyakit dan menurunkan risiko depresi.


Kedua : coklat hitam. Disebutkan bahwa coklat hitam mampu merangsang tumbuhnya produksi endorfin. Lewat indorfin ini perasaan bahagia dan senang bisa diciptakan dari otak kita. Kandungan yang ada dalam cokelat hitam mampu meningkatkan aliran darah ke otak Anda, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan otak. Semuanya itu akan mendukung pengaturan suasana hati.


Ketiga, ikan salmon. Kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi pada ikan salmon dapat membantu meningkatkan mood. Asam lemak omega 3 juga berperan penting dalam pembuatan sel-sel tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Orang yang makan ikan salmon mempunyai kecenderungan mengalami peningkatan perasaan puas dan biasanya memiliki suasana hati yang lebih bahagia.


Keempat, kacang dan biji-bijian. Kandungan dalam kacang dan biji-bijian bertanggung jawab dalam memproduksi serotonin yang mampu meningkatkan suasana hati. Makanan seperti biji labu, wijen, dan bunga matahari, almond, kacang mete, kacang tanah, dan kenari adalah sumber yang bagus untuk memproduksi serotonin. Jenis makanan tersebut sangat mendukung kesehatan tubuh dan otak.


Kelima, bayam. Kandungan magnesium yanga ada dalam bayam ternyata bisa memberikan dampak positif pada kadar serotonin dan meningkatkan suasana hati Anda. Orang yang rendah magnesium cenderung dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi dan kecemasan.


Selain kelima makanan itu, mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino esensial yang dikenal sebagai triptofan seperti telur, unggas, dan lainnya dapat membantu tubuh meningkatkan produksi serotonin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain