Berjalan Kaki maka Umur Anda Bisa Lebih Lama

berjalan kaki

Ternyata banyak manfaat ketika rajin melangkahlah atau berjalan kaki. Pada penelitian terbaru menunjukkan bahwa berjalan kaki secara konsisten bisa membantu Anda hidup lebih lama. Ditemukan bahwa berjalan kaki memiliki efek positif seperti perbaikan kardiovaskular, kualitas tidur lebih baik dan kesehatan mental. Untuk itu berjalan kaki mulai saat ini maka umur Anda bisa lebih lama.

Hal ini dipresentasikan dalam acara Epidemioologi dan Pencegahan, Gaya Hodup dan Kesehatan Kardiometabolik yang dilakukan oleh Asosiasi Jantung Amerika.  “Jalan kaki adalah bentuk olahraga termudah dan termurah dan tidak memerlukan peralatan khusus. Selain itu Anda tidak perlu memaksakan diri berkeringat untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bahkan tidak memerlukan pakaian khusus,” ujar Dr. Elizabeth Gardner, seorang spesialis kedokteran olahraga dari Fakultas Kedokteran Yale dan tim dokter di Yale Athletics dikutip Healthline.

Disebutkan bagwa para peneliti mengevaluasi 16.732 wanita berusia 60 tahun ke atas yang mengenakan penghitung langkah di pinggang mereka antara tahun 2011 dan 2015. Kemudian langkah setiap peserta dibagi menjadi dua kelompok, jalan yang lebih panjang yang berlangsung setidaknya 10 menit dan berjalan singkat, seperti naik tangga atau berjalan ke mobil.

Setelah itu para peneliti kemudian menindaklanjutinya selama enam tahun hingga tahun 2019. Hasilnya peneliti mengidentifikasi penurunan 32 persen kematian di antara mereka yang mengambil setidaknya 2.000 langkah sehari. Setiap peningkatan 1.000 langkah sehari dikaitkan dengan penurunan 28 persen terhadap kematian. Manfaat kesehatan yang dicapai dari sekitar 4.500 langkah setiap hari, serupa di antara orang-orang yang berjalan dalam waktu singkat dan mereka yang berjalan lebih lama tanpa gangguan.

Dalam jangka pendek, orang yang berjalan kaki lebih banyak akan mengalami peningkatan komposisi tubuh dan kebugarannya. Dalam jangka panjang, lebih banyak langkah setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan kematian.

“Jalan kaki juga merupakan latihan tubuh yang sangat baik. Ia menggunakan tidak hanya otot seluruh kaki, tetapi juga otot inti dan gluteus untuk stabilitas dan penggerak,” kata Gardner seperti dikutip dari laman antaranews.com.

Gardner melanjutkan bahwa mengubah kecepatan juga menghasilkan manfaat bagi kesehatan. Misalnya Anada berjalan dengan kecepatan yang lebih cepat selama 30 detik dan kemudian melambatkannya 30 detik maka akan dapat meningkatkan detak jantung dan membantu membakar kalori.

Bukti menunjukkan bahwa lebih banyak berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan kualitas tidur. ResearchTrusted Source juga secara konsisten menemukan bahwa orang yang aktif secara fisik memiliki kesehatan mental yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Penelitian lain menemukan bahwa berjalan, bahkan dengan santai, mengurangi gejala depresi dan meningkatkan emosi dan perasaan positif di antara orang dewasa yang lebih tua. “Jalan kaki dapat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang, meningkatkan tingkat energi, meningkatkan kualitas tidur, membantu membangun suasana hati, serta memperlambat penurunan mental,” kata Wong.

1 thought on “Berjalan Kaki maka Umur Anda Bisa Lebih Lama”

  1. Pingback: Bijak Menggunakan Antibiotik » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain