Tiga Makanan dan Minuman yang Bisa Mengatasi Pilek dan Demam

flu

Bila Anda pilek atau demam ada sejumlah makanan yang bisa dikonsumsi dan membuat bangkit lagi. Disebutkan bahwa sup ayam adalah makanan klasik yang bisa membantu untuk menambah daya tahan mengatasi pilek. Namun ada beberapa makanan dan minuman yang bisa mengatasi pilek dan demam.

Berikut adalah makanan dan minuman yang bisa mengatasi pilek dan demam yang dikutip dari laman antaranews.com :

Pertama, makanan dan minuman yang tinggi kandungan vitamin C, seng, magnesium dan kaliumnya. Diketahuo bahwa Vitamin C dan zinc seng telah lama digunakan untuk mengobati penyakit demam dan pilek selama berberapa dekade. Keduanya tidak akan mencegah sakit tetapi bisa meredakannya.

Sejumlah makanan yang memiliki kandungan vitamin C diantaranya jeruk, paprika merah, stroberi, brokoli serta kiwi. Adapun jumlah vitamin C yang disarankan per hari adalah 75 mg untuk perempuan dewasa dan 90 miligram untuk laki-laki dewasa.

Adapun makanan yang mengandung zinc tinggi antara lain buncis panggang, kacang mete sangrai, daging sapi panggang dan tiram.  Selain itu harus diperhatikan kandungan magnesium yang kita konsumsi dari makanan. Dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan magnesium akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh akan melemah. Maka dari itu cukupilah magnesium dalam tubuh Anda dengan makanan yang kaya akan magnesium seperti alpukat, selai kacang, bayam, hingga almond.

Kedua, air kaldu dan teh bebas kafein. Selain elain makan dengan benar, minum yang cukup menjadi kunci dalam pengobatan pilek dan demam. Pilek membuat dehidrasi jadi minumlah banyak air dan hindari cairan yang membuat Anda semakin dehidrasi.  

Hidrasi sangat penting untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi atau virus. Cairan seperti kaldu dan teh (bebas kafein) adalah pilihan terbaik Anda saat terkena dehidrasi. Selain itu hindari minuman yang mengandung soda. Hindari juga kopi, alkohol dan jus buah. Kandungan gula membuat Anda dehidrasi.  

Ketiga, konsumsilah suplemen. Anda sakit salah satu akibatnya adalah kehilangan nafsu makan. Maka dari itu disarankan untuk mengonsumsi suplemen.  Konsumsilah suplemen yang mengandung vitamin C, eldeberry, ginseng dan bawang putih dapat mengurangi keparahan gejala dan mengurangi durasi penyakit.

Namun ada beberapa makanan dan minuman yang bisa mengatasi pilek dan demam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain