Metode CERAMAH dan Konsumsi Buah Cara Mencegah Hipertensi

hipertensi

Hipertensi menjadi salah satu penyakit yang saat ini banyak diderita masyarakat. Penyebabnya bermacam-macam, salah satunya gaya hidup dan konsumsi makanan. Ada berbagai cara mencegah hipertensi salah satunya dengan metode CERAMAH dan mengonsumsi buah.

Menurut sebuah penelitian disebutkan bahwa di Indonesia 32 persen masyarakat tak mengukur tekanan darahnya. Dari data yang melibatkan sekitar 13000 orang partisipan menunjukkan sekitar 14 persen orang dengan tekanan darah tinggi yang berobat.

Menurut Badai Bhatara Tiksnadi,  dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin, Bandung, temuan data menunjukkan bukti bahwa hipertensi tidak memunculkan keluhan kecuali sudah berat. Jadi penyakit ini perlu diketahui lebih awal melalui deteksi dini.

Untuk itulah pentingnya pengukuran tekanan darah sesuai panduan berulang kali. Pengecekan tidak hanya di dokter, tetapi juga di rumah dengan melalui metode CERAMAH atau cek tekanan darah di rumah.

“Pengukuran tekanan sesuai panduan, kontrol sehingga bisa hidup lebih lama. Pengukuran menggunakan alat yang sudah tervalidasi sehingga akurat, dilakukan berulang. Kalau sekali kurang akurat, kalau di klinik bisa cemas bisa terjadi pengukuran yang tidak ideal karena baru naik tangga ke lantai dua misalnya, karena suasana gaduh, maka pengukuran harus berulang,” tutur Badai seperti dikutip laman antaranews.com

Ditambahkan oleh Badai bahwa saat melakukan CERAMAH, usahakan tubuh dengan posisi rileks selama 2-5 menit. Kemudian pengecekan ini dilakukan 2-3 kali dengan jangka waktu satu menit untuk mendapatkan data variasi tekanan darah.

Selain itu gaya hidup sehat harus dilakukan yaitu dengan membatasi konsumsi garam yakni tidak melebihi 1 sendok teh per hari, melakukan aktivitas fisik teratur seperti jalan kaki, bersepeda selama 30 menit per hari minimal lima kali seminggu, menerapkan diet bergizi seimbang, mempertahankan berat badan ideal, tidak merokok dan menghindari asap rokok, serta menghindari minum minuman beralkohol.

“Harus lebih banyak sayur dan buah” ujarnya. Memang makan buah adalah salah satu cara mencegah hipertensi. Berikut nama buah yang bisa sebagai penurun darah tinggi Anda.

Pertama, pisang. Kandungan kalium dalam pisang dipercaya bisa membantu menyeimbangkan jumlah garam dalam tubuh dan selanjutnya mampu mengontrol tekanan darah,

Kedua, semangka. Buah ini baik sekali untuk menurunkan darah tinggi karena dipercaya  mengandung L-citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah yang dapat menurunkan tekanan darah.

Ketiga, anggur.  Adanya kandungan polifenol dalam anggur sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah. Polifenol dipercaya sebagai antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh. Buah anggur juga mengandung tinggi serat dan rendah kalori, sehingga jika dikonsumsi secara rutin bisa mencegah munculnya hipertensi.

Keempat, kiwi. Buah kiwi mengandung   memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian menyebutkan penderita hipertensi yang secara rutin mengonsumsi tiga buah kiwi sehari ternyata mengalami penurunan tekanan darah yang lebih cepat.

Kelima, delima. Data penelitian menunjukkan bahwa minum jus buah delima lebih dari satu cangkir sehari selama empat minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik (batas atas) dan diastolik (batas bawah). Meski belum diketahui kandungan apa yang membuat buah delima dapat menurunkan tekanan darah namun peneliti menduga bahwa kandungan kalium dan polifenol yang ada dalam buah delima yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. (Dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain