Kunyit Mengobati Sakit Bisul

kunyit

Kunyit adalah tanaman yang bisa ditemukan dengan mudah di kebun atau pekarangan. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang kerap dikaitkan dengan tanaman obat keluarga. Kunyit sendiri dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk mengobati penyakit. Salah satunya adalah mengobati sakit bisul.

Selain itu kunyit adalah salah satu rempah-rempah yang sangat populer di tanah air. Ada beberapa makanan Indonesia salah satu bumbunya adalah menggunakan kunyit.

Sebenarnya kuntit bukan asli tanaman Indonesia. Kunyit adalah jenis rempah-rempah berasal India. Tanaman kunyit mulai menyebar dan sampai di Nusantara ini dibawa oleh para pedagang Gujarat.  Adapun nama Latin nya adalah Curcuma domestica Val. Tanaman ini dimasukkan dalam jenis tanaman herba yaitu tanaman tahunan yang memiliki tinggi hampir mencapai 1 meter, berbatang pendek, dan berdaun jumbai.

Menurut pada ahli tanaman kunyit dapat tumbuh dimana saja, baik dataran rendah maupun dataran tinggi. Disebutkan bahwa tanaman ini bisa tumbuh di daerah dengan ketinggian 240-2000 m dpl, dan memiliki curah hujan 1000-4000 mm/tahun. Suhu udara yang optimum bagi tanaman ini antara 19-30°C. Tanaman kunyit biasanya dipanen pada umur berkisar 9-11 bulan setelah penanaman, yang ditandai dengan batang tumbuhan mulai layu atau mengering

Di Indonesia sendiri tanaman kunyit mudah di pulau Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua dan lain sebagainya. Selain itu kunyit juga banyak ditanam di Malaysia, Thailand, Cina, India, dan Vietnam.

Tanaman kunyit mengandung antioksidan dan antibakteri dan dapat mengobati kolesterol, menyembuhkan radang lambung, mengatasi rematik, mencegah penyakit jantung, mengobati diabetes melitus dan mencegah kanker usus serta mencegah sekaligus mengobati katarak dan berbagai penyakit lainnya

Selain itu salah satu manfaat kunyit lainnya adalah bisa mengobati sakit bisul. Adapun caranya sebagai sebagaimana dikutip dari buku Sebelum ke Dokter terbitan Nirmala adalah sebagai berikut :

Pertama, bubuk kunyit dicampurkan dengan minyak kelapa yang sebelumnya dipanaskan.

Kedua, campuran antara kunyit dan minyak kelapa ini dioleskan pada bisul.

Ketiga, ramuan yang ada di bisul itu kemudian ditutup dengan perban.

Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan bila ingin meramu kunyit untuk mengobati sakit bisul. Menurut para ahli, kunyit memang mempunyai kekuatan antiseptik yang mampu membunuh kuman. Kombinasi kunyit dan minyak kelapa hangat cukup efektif membasi bakteri. Campuran keduanya dapat mengempiskan bisul, menghilangkan infeksi, dan membunuh bakteri pada bisul.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain