Manfaat Daun Pisang Bagi Kesehatan

daun pisang

Buah pisang adalah buah yang kaya akan gizi. Begitu juga dengan daunnya. ternyata manfaat daun pisang bagi kesehatan sangat banyak Daun pisang bisa mengobati penyakit tertentu selain sebagai bahan kuliner.

Ada beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh dalam daun pisang.  Berikut manfaat daun pisang bagi yang dikutip dari antaranews.com :

Pertama, mengobati pilek dan flu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun pisang termasuk jenis pisang raja, dapat digunakan sebagai obat herbal untuk melawan penyakit tersebut. Di dalam daun terdapat antioksidan kuat sehingga mampu mengobati kondisi kecil ini dengan metode pengobatan rumahan.

2. Menurunkan demam. Hal ini disebabkan adanya fitokimia dalam daun pisang yang dapat membantu mencegah atau mengobati kondisi demam dengan efek antipiretik, antimikroba, dan anti-inflamasinya. Caranya adalah meminum rebusan daun pisang.

3. Alternatif untuk pembalut luka. Hasil penelitian menyebutkan bahwa daun pisang dapar dijadikan sebagai pembalut luka.  Sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang ada di dalamnya sama dengan kain kasa dan petroleum jelly sehingga dapat membantu mengobati luka dalam waktu yang lebih singkat

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan adanya lektin atau sejenis protein yang banyak ditemukan di daun pisang. Lektin memiliki sifat imunomodulasi kuat yang dapat membantu meningkatkan jumlah sel T dalam tubuh. Adapun Sel T adalah bagian dari sel kekebalan yang membantu mendeteksi dan menandai patogen dalam tubuh dan mengirim sinyal ke sel B untuk penghancurannya.

5. Mengurangi selulit . Beberapa studi mengatakan bahwa daun pisang dapat membantu mengurangi selulitis pada tubuh. Caranya adalah menumbuknya dan mengoleskannya pada kulit di mana selulitis hadir. Polifenol yang ada pada daun pisang membantu menurunkan kolesterol dalam sel-sel kulit yang bertanggung jawab untuk perkembangan selulitis

6. Baik untuk rambut. Ternyata Daun pisang mampu menyingkirkan masalah rambut seperti ketombe, rambut gatal, dan uban. Caranya adalah memotong dan menghancurkan daun pisang untuk mengekstrak airnya dan kemudian mengoleskannya ke rambut. Dari pengalaman banyak orang cara ini  membuat rambut menjadi hitam sempurna, mengurangi uban dan juga memperkuat folikel mereka.

Selain manfaat diatas daun pisang juga bisa mengatasi diabetes. Hal ini disebabkan adanya sumber potensial seperti flavonoid, anti-inflamasi dan antioksidan dalam daun pisang. Flavonoid esensial dalam daun pisang ini dapat bermanfaat bagi penderita diabetes dengan mengelola kadar glukosa mereka dan mencegah risiko komplikasi terkait. Daun pisang juga dapat membantu memecah maltosa, sejenis gula, dalam tubuh yang jumlahnya meningkat mengindikasikan diabetes. Itulah manfaat daun pisang lainnya adalah untuk mengobati penyakit maag, meningkatkan nafsu makan dan menetralkan racun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain