Tanaman Sambung Nyawa yang Kaya Khasiat

sambung nyawa

Tanaman Sambung Nyawa tumbuh liar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Tanaman ini memiliki banyak manfaat dan khasiat obat tanaman ini juga dikenal dengan daun dewa.  

Di dalam tanaman sambung nyawa terkandung flavonoid, terpenoid dan asam fenolat yang baik untuk menjaga kesehatan. Tumbuhan paling banyak ditemui di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali. Sambung nyawa dapat tumbuh hampir pada semua jenis tanah dan tidak memerlukan pemeliharaan yang rutin,” lanjutnya.

Tanaman sambung nyawa yang memiliki nama ilmiah Gynura procumbens (Lour.) Merr. dan termasuk dalam famili Asteraceae ini umumnya tumbuh liar namun juga sudah banyak dikembangbiakan melalui setek batang dan ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman obat.

Tanaman Sambung Nyawa memiliki akar serabut dan batang agak lunak dengan warna ungu kehijauan. Tanaman Sambung Nyawa yang hidup pada kondisi ternaungi umumnya memiliki daun lebih lebar namun lebih tipis. Daun merupakan bagian yang sering dimanfaatkan dari tanaman herbal ini. Helaian daun berwarna hijau dengan bentuk bulat telur sampai bulat memanjang, dengan permukaan daun berambut halus dengan pertulangan menyirip.

“Manfaat sambung nyawa untuk kesehatan yang sudah diteliti, antara lain meredakan peradangan, membantu melawan kanker, mengatasi diabetes dan kemandulan, mengatasi gangguan pencernaan, mengatasi hipertensi dan melindungi jantung, melawan kuman penyebab infeksi, mencegah penyakit ginjal “

Di Indonesia, cara mengkonsumsi daun sambung nyawa untuk kesehatan sangat beragam mulai dari dikonsumsi langsung sebagai lalapan ataupun dalam bentuk bubuk yang dikapsulkan. Sebagian masyarakat, tambahnya, meyakini bahwa dengan mengkonsumsi tiga lembar daun sambung nyawa segar dalam sehari selama 7 hari dapat bermanfaat sebagai obat kanker rahim, payudara dan kanker darah. Air rebusan sambung nyawa juga mampu sebagai antihipertensi dengan meningkatkan produksi nitrat oksida pada pembuluh darah.

Manfaat sambung nyawa untuk kesehatan yang sudah diteliti, antara lain meredakan peradangan, membantu melawan kanker, mengatasi diabetes dan kemandulan, mengatasi gangguan pencernaan, mengatasi hipertensi dan melindungi jantung, melawan kuman penyebab infeksi, mencegah penyakit ginjal

Adapun cara mengkonsuminya adalah bisa dengan memakannya dalam keadaan mentah misalnya sebagai lalapan atau mengolahnya menjadi lauk. Rebusan daun sambung nyawa juga dapat Anda minum seperti meminum teh dengan cara merebus beberapa helai daunnya dan meminum air rebusannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain