Sehat dengan Kacang Kenari

kacang kenari

Kacang kenari memiliki banyak manfaat. Tumbuhan jenis kacang-kacangan ini dikenal padat nutrisi dengan senyawa bioaktif. Kenari sangat bermanfaat bagi kesehatan otak dan kesuburan. jantung, gigi, kesehatan mental dan metabolisme.

Dalam kacang kenari terkandung antioksidan seperti flavonoid, asam ellagic, folat, gamma-tocopherol, alpha-tocopherol (vitamin E), delta-tocopherol, vitamin E, selenium, melatonin dan proanthocyanidins. Selain itu juga ada asam lemak omega-3, asam alfa-linolenat nabati, bersama dengan serat makanan, protein, magnesium, dan fosfor.


Kenari sangat bermanfaat bagi kesehatan otak dan kesuburan. jantung, gigi, kesehatan mental dan metabolisme.”

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari kenari, mengutip Boldsky pada Jumat.

  1. Meningkatkan kognisi dan kesehatan otak. Mengonsumsi kacangkenari dapat membantu meningkatkan kognisi dan memori, koordinasi motorik, sehingga meningkatkan kinerja kognitif dan meningkatkan kesehatan otak. Hal itu disebabkan karena kemari memiliki senyawa neuroprotektif seperti melatonin, vitamin E, lemak omega-3 dan antioksidan folat serta efek anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan otak.
  2. Mencegah penyakit jantung. Beberapa penelitian mengatakan mengonsumsi empat buah kacang kenari dalam sehari akan mengurangi 50 persen kemungkinan terkena serangan jantung. Hal ini disebabkan karena kenari memiliki mekanisme kardioprotektif yang efeknya dirasakan pada kadar kolesterol, detak jantung dan fungsi endotel. Adanya L-arginine, asam amino dalam kenari juga memberikan manfaat multi-vaskular bagi orang yang sakit jantung.  Kandungan asam lemak omega-3, asam alfa-linolenat (ALA) nabati yang memiliki aktivitas anti-inflamasi dan anti-koagulan membantu mencegah pembentukan bekuan darah dan menurunkan risiko serangan jantung.
  3. Mengatasi diabetes. Menurut sebuah penelitian ada penurunan kadar gula yang signifikan setelah mengonsumsi kacang kenari setiap hari. Prevalensi diabetes secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kacang kenari.
  4. Memiliki sifat kemopreventif atau membantu melawan kanker. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa aktif tertentu dalam kenari seperti asam lemak omega-3, beta-sitosterol, tokoferol dan pedunculagin memiliki sifat pencegahan kanker. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan berkontribusi pada penekanan kanker Kenari dapat memperlambat pertumbuhan jenis kanker tertentu seperti payudara, usus besar, prostat, dan ginjal karena mekanisme antiangiogenik dan antiproliferatifnya.
  5. Melawan depresi dan masalah kesehatan mental lainnya. Menurut penelitian, tingkat depresi 26 persen lebih rendah pada individu yang mengonsumsi kacang kenari dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya. Studi lain juga menunjukkan bahwa kehadiran senyawa neuroprotektif seperti folat, vitamin E, asam lemak dan melatonin dalam kacang kenari dapat membantu meningkatkan mood dengan meningkatkan konsentrasi dua hormon bahagia seperti serotonin dan dopamin.

Masih banyak manfaat yang bisa diambul dari kacang kenari ini seperti meningkatkan metabolisme tubuh, keseharan rambut, kesehatan gigi dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain