Perhatikan Lima Hal ini Jika Minum Air Dalam Kemasan

air dalam kemasan

Mengkonsumsi air dalam kemasan saat ini menjadi kebutuhan sehari-hari. Namun perlu diingat ada beberapa cara atau tips meminum air kemasan agar menjadi lebih sehat dan aman.

BPOM RI sendiri mengatakan bahwa mutu dan gizi produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang beredar di Indonesia telah diatur dalam SNI dan Peraturan Kepala Badan POM. Selain itu harus juga mengantongi izin dari Badan POM dan LPPOM MUI terkait kualitas dan kehalalan produk aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Adapun standar yang ditetapkan Badan POM, sejalan dengan standar internasional yang ditetapkan dalam Codex. Berikut tips aman konsumsi air minum dalam kemasan dilansir dari berbagai sumber, pada Selasa:

  1. Perhatikan informasi sumber mata air yang diambil. Air mineral berkualitas baik berasal dari sumber air bawah tanah atau mata air pegunungan yang mengandung mineral alami. Air mineral tentu mengandung beragam mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti kalsium, kalium, natrium, fluoride, dan magnesium. Selain sumber airnya, proses pengolahan juga diperhatikan. Idealnya, air mineral kemasan diolah dengan teknologi canggih,sehingga kandungan mineralnya tetap terjaga.
  2. Cek standarisasi dalam proses produksi hingga distribusi. Pastikan produk air kemasan yang telah mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Halal oleh LPPOM MUI.
  3. Perhatikan kondisi kemasannya. Pastikan AMDK yang hendak dikonsumsi dalam kondisi baik, tidak bocor, masih tersegel dengan rapat dan terlindungi dari paparan sinar matahari langsung. Kemasan yang rusak bisa menandakan produk tersebut sering terpapar suhu panas dalam jangka waktu lama atau bahkan terpapar zat kimia berbahaya, sehingga kualitas air dan keamanannya tidak lagi terjamin. Pilihlah produk dengan kemasan yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan ramah lingkungan.
  4. Perhatikan warna, rasa dan bau airnya. Air yang aman dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna atau terlihat jernih, tidak berbau, tidak memiliki rasa. Hindari mengonsumsi air minum yang tampak keruh atau berbau tidak sedap.
  5. Cek masa kadaluwarsa. Sebelum membelinya, cek terlebih dahulu tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan. Air yang sudah terlalu lama dalam kemasan mungkin saja sudah menurun kualitasnya dan tidak layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, hindari membeli air minum kemasan yang sudah mendekati atau melewati tanggal kedaluwarsa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain