Sehat dengan Pohon Pepaya

pepaya

Pohon pepaya mempunyai ragam manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya rasanya yang manis, beberapa bagian dari buah seperti biji, daun dan dagingnya mempunyai nutrisi penting yang berguna bagi tubuh.

Pohon ini diperkirakan berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan. Kemudian menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. Disebutkan dalam pepaya terdapat nutrisi seperti vitamin A, magnesium, vitamin C, vitamin E, kalium, vitamin B, asam pantotenat, folat, serat makanan, asam lemak oleat, asam linoleat, asam stearat, flavonoid, saponin, antosianin, glukosinolat, tokoferol (alfa dan gamma), beta-karoten dan benzil isothiocyanate. Nutrisi tersebut bertanggung jawab untuk antioksidan, anti-diabetes, hipolipidemik, anti-kanker, anti-inflamasi, anti-mikroba, anti-cacing dan efek penyembuhan luka.

Berikut adalah beberapa keunikan tentang sehat dengan pohon pepaya :

  1. Membantu meningkatkan sistem pencernaan, mengurangi peradangan, meningkatkan pemecahan protein dalam tubuh, menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kardiovaskular, mengelola diabetes dan banyak lagi.
  2. Pepaya mentah lebih baik dari yang matang. Sebuah studi menunjukkan bahwa pepaya mentah mengandung lebih banyak papain dan chymopapain daripada yang matang. Pepaya mentah rendah kalori dan tinggi energi dan serat.
  3. Daun pepaya dapat mengobati penyakit seperti demam berdarah, nyeri haid, malaria, masalah kulit, mulas, masalah rambut, mengelola diabetes dan hipertensi.
  4. Biji pepaya mengandung banyak fosfor, zat besi, magnesium, kalsium, serat, asam lemak, protein, dan antioksidan yang mampu mencegah penyakit seperti gangguan hati, kanker dan penyakit inflamasi.
  5. Pepaya baik untuk diabetes karena dianggap sebagai penghambat alami kadar glukosa tinggi dalam tubuh. Efek anti-diabetes, antioksidan, imunomodulasi dan anti-inflamasi pepaya, membantu mencegah risiko diabetes atau membantu mengelolanya pada orang yang sudah memiliki kondisi tersebut.

Pohon pepaya memang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi semua orang. Namun tidak sehat atau aman bagi ibu hamil dan mereka yang memiliki masalah kulit, ginjal, dan hati. Ini disebabkan adanya senyawa lateks dan fenolik yang dapat memicu reaksi inflamasi pada beberapa orang. Pepaya dapat menyebabkan efek samping seperti keguguran, memperburuk fungsi hati hingga alergi kulit.

1 thought on “Sehat dengan Pohon Pepaya”

  1. Pingback: Konsumsi Kencur Biar Sehat » Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain