Konsumsi Kencur Biar Sehat

kencur

Mengkonsumsi kencur menjadikan tubuh yang sehat. Di dalam kencur mengandung zat dan senyawa kimia yang berguna bagi kesehatan.


Kencur merupakan tanaman yang memiliki nama latin Kaempferia galanga L. Selain digunakan untuk menambah citra rasa dalam memasak, kencur juga dijadikan sebagai jamu. Banyak sekali tukang jamu gendong membawa jamu kencur ini. Tanaman ini tumbuh di wilayah beriklim tropis dan subtropis seperti di wilayah Asia. Kencur banyak ditemukan Indonesia, India, Bangladesh, Thailand, dan Malaysia.


Di Indonesia sendiri nama kencur juga berbeda-beda. Dalam bahasa Sunda dinamakan cikur dan oranG Aceh menyebutnya ceuko . Sedangkan orang Karo menamakan dengan kaciwer. Orang Madura menyebutnya dengan kencor, sedangkan orang Bali menyebutnya dengan cekuh dan lain sebagainya. Aroma kencur juga dapat ditemui di berbagai masakan tradisional Indonesia.


Dalam kencur terdapat banyak zat dan senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan seperti pati, mineral, sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamfen, paraeumarin, asam anisat, alkaloid, dan gom. Adapun komponen utama dari kencur adalah etip p-metoksisinamat.


Disebutkan bahwa kencur dapat mengobati berbagai ragam penyakit. Diantaranya hipertensi, rematik, batuk, sakit kepala, sakit gigi, sakit maag, nyeri dada, sakit perut, hingga radang tumor. Kencur bisa dikonsumsi untuk mengatasi gangguan tidur, stres, dan gangguan kecemasan, menambah nafsu makan dan mengatasi masalah kulit.


Berikut Khasiat dan kKgunaan yang diambil dari buku Tanaman Obat Keluarga (TOGA) terbitan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat

  1. Untuk pengobatan batuk. Caranya adalah dengan mengunyah rimpang kencur dengan garam.
  2. Pengobatan radang lambung yaitu dengan mencampur kencur, kapulaga, bawang merah dan beras yang ditumbuk. Setelah itu direbus dan disaring kemudian airnya minum.
  3. Apabila Anda muntah-muntah maka carilah kencur. Kemudian diperas lalu air perasan kencur tersebut ditambah garam sedikit dan kemudian diminum.
  4. Rimpangnya untuk menyembuhkan batuk dan keluarnya dahak, menghilangkan rasa sakit, masuk angin, bengkak atau luka, menguatkan pencernaan, merangsang nafsu makan dan anti muntah.

Biar sehat Anda bisa mengkonsumsi kencur. Disamping mudah didapat harganya juga terjangkau dan bisa menanam sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain