Ini beda Diet Vegan dan Vegetarian

diet

PITUTUR ID. Diet sekarang banyak macamnya. Diantaranya yang populer di masyarakat diet vegan dan diet vegetarian. Keduanya sama sama tidak mengonsumsi daging. Namun perlu dicatat, kedua diet ini ternyata ada perbedaaannya.


Dilansir dari Medical News Today, diet vegan atau veganisme ternyata lebih ketat dibanding diet vegetarian. Seseorang yang melakukan diet vegan dilarang mengonsumsi produk susu, telur, madu, maupun produk-produk lainnya yang berasal dari hewani. Bahkan tidak boleh berpakaian dari kulit dan sutra.

Mengutip Health, veganisme tidak mengonsumsi semua makanan hewani termasuk daging, unggas, makanan laut, susu, atau bahan apa pun yang bersumber dari hewan.

Selain itu, seorang vegan juga tidak akan melibatkan produk-produk hewan dalam gaya hidupnya. Hal ini termasuk dengan tidak menggunakan produk rumah tangga apa pun yang berasal dari hewan, kosmetik atau sabun yang berasal dari hewan, dan lain sebagainya.

Adapun vegetarian menurut Vegetarian Sosciety, adalah diet dimana tidak memakan produk atau produk sampingan hewan. Seorang vegetarian tidak boleh mengonsumsi rennet, gelatin dan jenis protein hewani.

Selain itu vegetarian juga tidak mengonsumsi produk sampingan yang tidak melibatkan produk hewan seperti telur, produk susu seperti keju, susu dan yogurt.

Vegetarisme atau vegetarian memiliki beberapa variasi diet yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Lacto Ovo Vegetarian. Jenis vegetarian ini ciri khasnya adalah menghindari semua jenis daging dan ikan namun masih mengonsumsi produk susu dan telur.

Selain itu ada vegetarian yang bernama Lacto Vegetarian. Untuk vegeratian mode ini adalah yang memakan daging atau telur apa pun namun masih mengonsumsi produk susu.

Sedangkan vegetarian Ovo Vegetarian tidak mengonsumsi daging, ikan atau produk susu apapun namun masih mengonsumsi telur.
Dan jenis terakhir dari vegetarian adalah pescatarian atau yang sering disebut sebagai Flexitarian. Disebutkan bahwa Seorang Flexitarian akan menghindari semua daging kecuali ikan dan jenis makanan laut lainnya.

Nah itulah perbedaan antara diet vegan dan diet vegetarian. Anda pilih yang mana? Silakan dipilih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain