Tips Sehat di Musim Hujan

musim hujan

PITUTURID. Saat ini telah memasuki musim hujan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar badan kita tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.


Menurut Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, FINASIM. spesialis penyakit dalam konsultan alergi imunologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) pada musim hujan ini harus lebih memperhatikan kondisi tubuh.

“Sistem imun bisa saja menurun karena kondisi cuaca. Makanya banyak orang yang pada musim hujan itu jadi lebih mudah sakit apalagi jika punya alergi,” katanya, seperti dilansir darilaman antaranews.com

Menurut dr Iris melanjut mengonsumsi jahe saat musim hujan di tengah pandemi sangat baik untuk tubuh.

Untuk itu perlu antisipasi dalam menghadapi musim hujan ini agar tubuh tetap sehat dan bugar. Menurut dr. Iris salah satu menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang benar. Utamanya bagi mereka yang sudah melakukan aktivitas luar ruang.


Menurut dr Iris melanjut mengonsumsi jahe saat musim hujan di tengah pandemi sangat baik untuk tubuh. Ada baiknya juga mengonsumsi vitamin makanan atau bah buahan yang A, B, C, D, dan E karena memiliki khasiat yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Jahe boleh karena hangat, ya. Di dunia kedokteran juga sangat bagus. Di samping itu, vitamin A, B, C, D, dan E, itu harus kita konsumsi,” katanya.

Selain itu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti pepaya, stroberi, mangga, jeruk, dan kiwi. Untuk sumber vitamin B bisa didapatkan dari hati sapi, keju, mentega, dan sumber nabati seperti wortel, paprika merah, ubi jalar, dan bayam.

Untuk vitamin B Anda bisa mengonsumsi telur, ikan, sayuran, dan daging. Nah untuk vitamin D sebagai pengganti berjemur bisa makan ikan tuna. “Tapi kalau musim hujan kan enggak bisa berjemur. Jadi, sebaiknya kita konsumsi vitamin D dari luar, misalnya ikan tuna,” kata Iris. Asupan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan didapatkan dari kacang-kacangan.

Selain asupan makanan ke tubuh, ada tips lain yang tidak kalah penting yaitu cukup delapan jam sehari, mengelola stres, dan aktif bergerak dengan olahraga secara teratur.

“Kalau musim hujan ya olahraganya di rumah, misalnya senam sendirian. Kemudian minum air putih dua liter sehari, kalau mandi ya mandi air hangat, makan dan minum yang hangat,” ungkap dr. Iris.***

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain