Menjaga Pola Minum Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

man wearing black shirt drinking water

pitutur.id. Memperhatikan pola minum menjadi salah satu cara mencegah dehidrasi ketika puasa. Diperlukan delapan hingga sepuluh gelas ketika waktu buka hingga imsak.


Hal ini dikatakan dr Irwan Heriyanto, MARS yang mengatakan bahwa dehidrasi terjadi jika asupan cairan yang dibutuhkan tidak tercukupi seperti saat berpuasa. Untuk itu menjaga pola konsumsi air minum menjadi sangat penting. “Konsumsi ini dapat dibagi ketika sahur, berbuka dan waktu setelah berbuka,” kata Irwan Heriyanto yang dikonfirmasi di Jakarta, Selasa sore.

Irwan menambahkan bahwa tidak ada menu makanan khusus yang dapat mengurangi risiko dehidrasi. “Risiko dehidrasi dapat dikurangi dengan memastikan asupan cairan tercukupi. Kebutuhan cairan ini dapat didapatkan tidak hanya dari air putih tetapi juga dari sayur dan buah,” katanya.

Dehidrasi terjadi saat cairan tubuh yang masuk lebih sedikit dibandingkan dengan cairan tubuh yang keluar dari tubuh. Hal inilah yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Penyebabnya bermacam-macam diantaranya adalah peningkatan aktivitas fisik juga meningkatkan kebutuhan cairan sehingga resiko untuk terjadinya dehidrasi meningkat.

Dampak paling parah adalah rasa kehausan yang tinggi, jantung berdebar tak beraturan, penurunan tekanan darah, napas menjadi lebih cepat, mata terlihat cekung, kulit menjadi lebih kering dan kehilangan elastisitasnya. Selain itu, urine berwarna lebih gelap dan jarang buang air kecil, sakit kepala yang hebat, lebih sering ngantuk, terlihat linglung dan mudah marah, dan berisiko pingsan dan kejang.


Menurut Irwan dehidrasi pada tahapan ringan hingga sedang bisa ditandai seperti rasa haus, urine yang berwarna kuning gelap atau pekat, penurunan frekuensi dan volume buang air kecil, mulut terasa kering dan lengket, mudah ngantuk dan lelah, sakit kepala dan sulit berkonsentrasi, kram otot, tubuh demam, atau kesulitan buang air besar.

Upaya menghindari dehidrasi saat berpuasa bisa dilakukan dengan memastikan kebutuhan cairan tercukupi dengan konsumsi delapan hingga sepuluh gelas air putih dalam sehari selama tidak puasa. Selain itu makanan yang dikonsumsi perlu dipastikan memiliki gizi yang seimbang sehingga selama puasa tidak hanya cairan tercukupi, tetapi tubuh tetap berenergi dan sehat.***

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain