Kiat Membangun Imunitas Tubuh Pada Anak

imunitas

Kiat Membangun Imunitas menjadi penting untuk menjaga kesehatan anak. Di sini peran orang tua sangatlah diperlukan.

Sistem imunitas yang baik adalah kunci bagi kesehatan anak-anak. Untuk itu membangun imunitas tubuh adalah hal yang harus diperhatikan utamanya saat pendemi sekarang ini.

“Imunitas seorang anak pada saat lahir belum berkembang sempurna. Masih lemah dan akan berkembang sejalan dengan tambah usia,” kata dokter spesialis anak konsultan gastroenterologi Ariani Dewi Widodo seperti dilansir laman antaranews.

Lebih lanjut Ariani menjelaskan bahwa sistem imunitas pada anak terbagi menjadi dua. Pertam adalah sifatnya yang didapat dari lahir seperti kulit, atau bulu mata. Kedua adalah sistem imun yang didapat setelah lahir dalam bentuk antibodi.

“Ini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk memastikan perkembangan imunitas anak optimal. Sistem imun yang terjaga menjadi bekal tubuh anak untuk tumbuh dan berkembang karena anak di bawah lima tahun sangat rentan dengan penyakit. Nutrisi yang buruk atau kurang baik menyebabkan sistem imun yang jelek dan gangguan tumbuh kembang,” ungkap Ariani.

Disebutkan dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan bahwa infeksi dan malnutrisi masih umum dialami anak-anak. Penyakit seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan gastroenteritis akut (diare).

Ariani menyebutkan bahwa memastikan asupan makanan yang mencukupi makro dan mikronutrien yang baik untuk membantu memelihara sistem imunitas tubuh pada anak.

Makanan yang dia maksud adalah yang mengandung zat seperti asam amino, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral dengan kuantitas dan kualitas yang cukup bagi anak.

“Misalnya vitamin yang berperan terhadap sistem imun seperti vitamin A, vitamin B6, B12 dan asam folat, vitamin C, vitamin D dan vitamin E, yang salah satunya berperan untuk kulit yang juga menjadi salah satu sistem pertahanan tubuh,” kata dr Ariani.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan imunitas pada anak. Berikut kiat membangun imunitas dari orang tua untuk meningkatkan imunitas pada anak yang diambil dari laman hellosehat.com :

  1. Penuhi kebutuhan nutrisinya
  2. Pantau waktu tidurnya
  3. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar
  4. Mengajaknya berolahraga
  5. Jauhkan dari asap rokok dan kendaraan
  6. Rutin memeriksa kesehatan anak ke dokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang