Ini Kiat Bersepeda yang Benar bagi Pemula

Bersepeda sekarang menjadi salah satu kegiatan yang sangat digandrungi. Tidak hanya nakaanak tetapu juga oleh remaja dan orang tua. Pokoknya bersepeda telah menjadi trend di masyarakat. Bersepeda juga memiliki segudang manfaat kesehatan mulai darii kesehatan jantung hingga kebugaran tubuh. Jika Anda rutin bersepeda dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke.

Dalam sebuah studi disebutkan bersepeda sekitar 32 kilometer per minggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen dibandingkan dengan yang tidak bersepeda.Bersepeda 30 menit per hari dengan membatasi asupan kalori akan mendapat hasil yang setara dengan mengikuti kelas aerobik tiga kali seminggu.

Bagi pemula ada kiat bagi yang ingin melakukan olah raga sepeda ini. Berikut kiat yang diberikan oleh Ditto Percusion seorang publik figur dan pegiat sepeda :

Pertama, untuk seorang pemula hal yang harus dilakukan dalam bersepeda adalah mencari teman untuk berlatih dan menemani bersepeda sehingga lebih termotivasi. “Yang jelas cari teman dulu buat menemani biar enggak sendirian. Jangan langsung ikut pleton dulu biar tahu kadar tenaga kita bagaimana. Karena kan kalau enggak bisa capek juga ngikutin mereka yang udah biasa, kasihan di kitanya yang capek dan komunitasnya yang harus nungguin karena mungkin kita lama,” ujar Ditto Percussion sebagai publik figur dan juga pegiat sepeda seperti dilanisr laman antaranews.

Kedua, adalah masuk dalam  komunitas sepeda. Usahakan pilih komunitas yang dekat dengan rumah. Hal ini dilakukan agar pergi dan pulang selalu berjalan beriringan bersama kelompok.

Ketiga, tidak perlu rute yang jauh dalam bersepeda. Cukup di sekeliling rumah.  “Cari rute-rute yang dekat-dekat rumah aja dulu supaya kalau terjadi apa-apa supaya gampang menghubungi orang rumah,” tambah Ditto

Keempat, jangan lupa memakai helm setiap kalio bersepeda.

Sementara itu dari segi kesehatan ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar bersepeda dapat memberikan manfaar kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut langkah yang harus diperhatikan :

1. Perhatikan Irama Dayungan. Disebutkan bahwa irama dayungan pedal yang ideal pada umumnya berkisar 60-80 putaran per menit (rpm).

2. Ubah Posisi Tubuh. Agar tekanan dan titik berat pada otot serta saraf tidak selalu terkonsentrasi di satu area tertentu, cobalah untuk sesekali memvariasikan posisi tubuh dan tanganmu. Ubahlah sudut lengan, punggung, dan leher

5. Pastikan Sepedamu Sesuai Untukmu

Pastikan ukuran frame alias kerangka sepeda tepat untuk tubuhmu, kamu bisa mengangkangi sepeda dengan kakimu menapak rata dengan tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain