Ini Manfaat Konsumsi Daun Binahong

Tanaman binahong atau anredera cordifolia utamanya daunnya sudah lama disebut berkhasiat sebagai obat berbagai penyakit. Jenis tumbuhan menjalar, berdaun tunggal ini berkhasiat banyak dalam menjaga kesehatan tubuh. Konon tanaman ini konon berasal dari Korea yang kemudian dikonsumsi oleh orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika. Disebutkan bahwa daun binahong mengandung banyak nutiris seperti Glucan c, Karoten, Asam Organik, L-Arabinosa mucoplysacharida, D – Galaktosa, Asam Aldonat, dan Vitamin (A, B, dan C). Di Indonesia sendiri masyarakat mulai memanfaatkan daun ini untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat dari daun binahong :

1. Mengatasi asam urat. Anda punya penyakit asam urat, ada baiknya mengkonsumsi daun binahong ini. Kandungan zat pada daun binahong dipercaya dapat menetralisir asam urat yang tinggi pada persendian. Adapun caranya adalah dengan merebusnya kemudian diminum secara rutin.

2. Mengatasi masalah kulit. Daun ini sangat bagus untuk kulit wajah utamanya mengatasi jerawat. Kandungan zat yang ada di dalamnya secara efektif dapat membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu dapat juga mengatasi komedo, flek hitam dan mencerahkan wajah. Khusu untuk yang terakhir caranya adalah dengan menghaluskan daun binahong kemudian oleskan setelah mandi selama 30 menit. Untuk mengatasi jerawat cukup dengan mengoleskannya rutin tiap hari

3. Mengobati maag. Manfaat lain dari daun binahong adalah untuk kesehatan pencernaan. Dengan mengkonsumsi daun binahong kelebihan asam lambung dapat diatasi. Kandungan anti oksidannya dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh.

4. Mengatasi kolesterol. Anda punya masalah dengan kolesterol yang meningkat, sebaiknya minum rebusan daun binahong secara teratur. Disebutkan bahwa daun binahong ini dapat menetralisir kolesterol jahat yang ada di pembuluh darah.

5. Mencegah diabetes. Manfaat lain dari daun binahong adalah mampu mengendalikan gula darah sehingga dapat mencegah diabetes. Dalam daun binahong terdapat senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Karena sifatnya, manfaat daun binahong dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara maksimal.

Selain itu daun binahong juga dapat mengobati sesak napas, anemia, batuk, membersihkan paru-paru dari kotoran dan racun, mengembalikan stamina tubuh, hingga mempercepat penyembuhan luka, mengatasi masalah haid, meningkatkan nafsu makan dan lain sebagainya.

1 thought on “Ini Manfaat Konsumsi Daun Binahong”

  1. Pingback: 4 Manfaat Cabai, dari Cegah Stroke hingga Kanker • Pitutur ID

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain