Tingkatkan Imunitas dengan Serai

Serai atau sereh dikenal sebagai tumbuhan dari suku rumput-rumputan. Biasanya sereh digunakan sebagai bumbu dapur untuk pengharum makanan. Sedangkan minyaknya bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk karena dalam kandungan sereh terdapat sitronela yang sangat tidak disukai oleh nyamuk.

 Ternyata manfaat serai tidak hanya yang disebutkan di atas.  Laman Medical Daily menulis bahwa sereh dikenal memiliki sifar antioksidan dan antimikroba yang membantu melindungi tubuh dari penyakit. Beberapa penelitian menunjukkan serai dapat menghentikan kerusakan gigi dengan melawan bakteri penyebabnya. Selain itu dapat memperlancar pencernaan dan membantu menstimulasi laju metabolisme tubuh. Serai tergolong diuretik alami yaitu dapat mengeluarkan racun dari tubuh Anda dalam bentuk urine.

Disebutkan bahwa dalam biasanya mengandung nutrisi antara lain : kalori : 5 kalsium, 3 miligram kalium, 34 miligram mangan, 0,2 miligram magnesium, 2,9 miligram zat besi  dan 0,4 miligram. Manfaat serai Meski kandungan vitamin serai relatif kecil namun mempunyai kandungan mineral yang membantu pengobatan medis. Ekstrak minyak sereh juga seringkali dimanfaatkan sebagai aroma terapi untuk mengobati nyeri otot, infeksi, pilek, atau gejala flu.  Selain itu, daun serai juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit berikut: hipertensi, epilepsi, sakit perut, rematik kelelahan, antiseptik, batuk, demam dan diabetes. ( dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

sandal

Memakai Sandal Menurut Islam

Memakai sandal ternyata mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga dari sudut agama. Islam sendiri sangat menganjurkan memakai sandal. Bahkan Rasulullah saw