Ramuan untuk Meringankan Kencing Manis

Penyakit kencing manis atau dalam istilah medis dikenal dengan Diabetes Melitus disebabkan oleh banyak faktor. Gejalanya adalah kadar gula yang tinggi dalam darah dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Hal ini sebagai akibat defisiensi sekresi hormon insulin, resistensi insulin, dan defisiensi glukosa.  

Secara garis besar penyakit ini dibagi menjadi dua. Pertama, diabetes tipe 1 dimana diabetes melitus tergantung insulin. Kedua, Diabetes melitus tipe 2, yaitu diabetes melitus yang tidak tergantung insulin. Adapun gejalanya secara umum dari dua tipe itu adalah sering buang air kecil, selalu merasa haus, cepat lelah, infeksi dan lain sebagainya.

Berikut berapa catatan tentang ramuan yang bisa mengurangi penyakit kencing manis ini yang dikutip dari buku Dokumentasi Ramuan Etnomedisin : Obat Asli Indonesia  

Pertama, ramuan dari Bugis, Sulawesi Selatan. Bahannya : daun maja 1 genggam, daging buah maja 1 genggam, 2 gelas air. Cara pembuatannya : bahan dipotong-potong. Kemudian direbus dengan air sampai menjadi satu gelas, lalu disaring. Cara pemakaian : diminum dua kali sehari setengah gelas.

Kedua, ramuan dari Lampung. Bahannya : Buncis setengah kilogram. Caranya: buncis direbus. Cara pemakaian : dimakan sekali sehari setengah kilogram selama 2 bulan.

Ketiga : ramuan dari Lampung. Bahannya : meniran kering 100 gram, air 6 gelas. Cara pembuatan : bahan direbus dengan air 6 gelas sampai menjadi 3 gelas, lalu disaring. Cara pemakaian : diminum 3 kali sehari 1 gelas.    

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain