Tips Agar Mata tidak Kering karena Pakai Masker

Masker adalah hal yang paling penting dalam upaya pencegahan COVID 19. Namun belakangan ini banyak orang mengeluhkan penggunaan masker karena menyebabkan mata berembun dan iritasi di seputar wajah.  

Belum lama ini, temuan dalam jurnal Ophthalmology and Therapy menyebut pemakaian masker teratur berhubungan dengan munculnya kondisi mata kering dan iritasi.

Dalam laporannya para peneliti dari University of Utah menemukan keluhan mata kering ini akibat penggunaan masker.. “Informasi ini memiliki implikasi penting pada kesehatan mata dan pencegahan infeksi, karena penggunaan masker kemungkinan akan terus berlanjut di masa mendatang,” menurut para peneliti University of Utah seperti dilansir laman antaranews.

Penyebab pastinya memang belum ada. Namun ada beberapa teori, salah satunya mata kering akibat pemakaian masker karena adanya masalah aliran udara. Disebutkan kala Anda mengeluarkan napas dan masker tidak terlalu kencang, udara dapat mengalir ke atas dan melintasi permukaan mata Anda, lalu mendorong penguapan dan pada akhirnya bisa mengeringkan mata Anda (Ini seperti udara dari AC yang bertiup langsung ke bola mata Anda dapat mengeringkannya).

Penggunaan masker yang tidak tepat juga dapat mengganggu kemampuan kelopak mata untuk melakukan tugasnya.“Beberapa dokter juga mencatat, masker dapat menyulitkan kedipan mata ke bawah secara normal untuk mengembalikan kondisi permukaan mata yang sehat,” kata pakar spesialis kornea di Wills Eye Hospital, Aditya Kanesa-thasan.

Ahli optometri dari UCLA Health, Shibayama mengatakan ada berapa langkah yang bisa digunakan agar masker tidak menggangu mata Anda.

Pertama, pakailah masker dengan pas. Pastikan masker menutupi hidung Anda lalu pengait atau talinya terpasang baik di telinga.

Kedua, selipkan lipatan tisu ke dalam masker. Direkomendasikan menyelipkan lipatan tisu ke dalam masker untuk menambahkan bantalan ekstra ke tepi atas masker. Cara ini mirip seperti menempatkan handuk di bawah pintu untuk menghindari angin masuk.

Ketiga, kompres mata dengan air hangat. Di malam hari, Anda mengompres mata Anda dengan air hangat. Cukup basahi waslap dengan air hangat dan letakkan di mata selama beberapa menit. Cara ini bisa membantu merangsang kelenjar Meibom pada kelopak mata, dimana Meibom bertanggung jawab pada lapisan luar berminyak pada air mata dan mendorong lebih banyak minyak keluar dari kelenjar.

Dengan lebih banyak minyak di air mata Anda, lubrikasi pada mata Anda akan cenderung tidak menguap dengan cepat. Namun jika mata kering akibat pemakaian masker terjadi parah, maka pakailah memakai kacamata tertutup.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain