Manfaat Gula Merah Untuk Kecantikan

Gula merah adalah bagian dari keseharian kita. Tidak hanya manis rasanya ternyata juga banyak manfaatnya. Diantaranya adalah manfaat gula merah untuk kecantikan.

Khasiatnya antara lain mampu memperlambat proses penuaan. Kandungan anti oksidan dan nutrisinya mampu membantu melawan radikal bebas.

Adapun vitamin C dan zat besi yang ada didalamnya mempunyai khasiat untuk memperkuat dan melembutkan rambut. Disamping itu gula merah mampu mengatasi masalah noda dan bintik hitam pada kulit.

Manfaat Gula Merah

Disebutkan bahwa seratus gram gula merah yang mengandung 4 mg zat besi, 90 mg kalsium dan karoten serta laktoflavin. Bahkan ada yang menulis bahwa kandungan gula pada gula merah lebih rendah jika dibandingkan dengan gula pasir.

Itu yang memungkinkan gula merah baik untuk penderita diabetes. Gula merah juga baik bagi mereka yang ingin menurunkan kadar lemak tak jenuh di dalam tubuhnya. Tidak ditemukan kolesterol di dalamnya.

Nutrisi mikro yang lain adalah thiamine, nicotinic acid, riboflavin, niacin, ascorbatic acid, vitamin C, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, asam folat, protein kasar dan juga garam mineral.

Berikut manfaat gula merah dan bumbu dapur bagi kecantikan yang disarikan dari laman antaranews :

Gula merah mengandung asam glikolat yang membantu membuat kulit lebih berkilau. Adapun bahannya adalah 2 sendok makan gula merah halus, kedua 2 sendok  madu serta beberapa tetes perasan lemon. Sedangkan cara mengolahnya adalah sebagai berikut:

Pertama kali campurkan semua bahan dan aduk rata hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan pasta ini pada wajah dan leher. Namun sebelumnya pastikan wajah dan leher Anda dalam kondisi bersih. Terakhir oleskan secara merata dan diamkan selama 5 hingga 10 menit lalu bilas dengan air.

Gula Merah, Jerawat tak Masalah

Untuk yang sering jerawatan mungkin bisa mencoba mengatasinya dengan gula merah. Anda cukup menyiapkan gula merah dan jus lemon. Cara adalah dengan mencampurkan satu sendok makan gula merah yang telah dihaluskan dengan beberapa tetes jus lemon.

Bila tidak ada jus lemon Anda menggantinya dengan air. Kemudian oleskan pada area kulit yang berjerawat lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah cukup lalu bilas. Agar hasilnya maksimal maka ulangi beberapa kali dengan metode yang sama.

Solusi Buat Kulit Yang Mulai Keriput

Bagi Anda yang kulitnya mulai keriput, gula merah bisa jadi solusi. Adanya asam glikolat yang terkandung dalam gula merah membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengobati garis-garis halus serta kerutan.

Untuk itu Anda harus mempersiapkan beberapa bahan seperti 1 sendok teh  gula merah halus, 1 sendok teh hita, 1 sendok jus anggur, sejumput kunyit dan beberapa tetes air mawar.

Untuk mengolahnya pertama-tama buatlah secangkir teh hitam. Kemudian biarkanlah hingga dingin. Masukkan gula merah bubuk dalam mangkuk beserta bahan lainnya yaitu jus anggur, teh hitam, kunyit dan beberapa tetes air mawar.

Kemudian campurkan hingga tidak ada gumpalan. Kemudian oleskan bahan tersebut pada wajah Anda hingga merata. Biarkan selama 20 menit, setelah itu bilaslah hingga bersih.

Gula merah Mampu Melembutkan Rambut

Manfaat lain gula merah adalah mampu melembutkan kulit. Vitamin C yang terkandung didalamnya ternyata dapat membantu menguatkan, menghaluskan dan juga melembutkan rambut.

Adapun caranya adalah mempersiapkan bahan- bahannya terlebih dahulu seperti 2 sendok makan gula merah halus, 1 sendok makan fullers earth (di India dikenal dengan nama multhani mitti, merupakan lumpur yang kerap digunakan sebagai masker), 1 atau 2 sendok makan dadih ( sejenis yoghurt dari susu kerbau).

Kemudian campur bahan-bahan tersebut secara merata hingga menjadi pasta. Oleskan pada kulit kepala dan rambut. Kemudian pijit lah kepala selama beberapa menit. Lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air. Agar maksimal khasiatnya lakukanlah selama seminggu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain