Istana Jabra, Istana Tua Di Saudi Arabia yang Tak Terawat

jabra

Istana Jabra merupakan istana di Taif, Saudi Arabia yang terlantar. Padahal bangunan megah ini mempunyai sejarah yang panjang. Diperkirakan landmark ini telah berusia 1300 tahun. Arsitekturnya menggabungkan menggabungkan gaya Arab, Romawi dan tradisi Hijaz  

Istana Jabra ini terdiri dari dua lantai, aula besar. Di pintu masuknya yang dihiasi ornamen indah, dengan air mancur di tengah halamannya. Istana Jabra mempertahankan keindahan budaya Islam dan warisan arsitektur yang kaya.

Istana Jabra dinamai Jabra Al-Makhzumiyyah, istri Muhammad bin Hisyam yang merupakan Emir Makkah dan Taif selama era Umayyah. Istana ini memiliki banyak pertanian dan kebun buah-buahan yang diairi oleh aliran sungai yang melimpah di sekitarnya. Istana ini juga dikelilingi oleh rumah-rumah tradisional tua yang memberikan keindahan tersendiri.

Istana Jabra telah menarik perhatian penyair dan penulis selama berabad-abad karena keindahan konstruksi dan prasasti dan lokasinya yang istimewa. Istana Jabra dibangun di atas bukit yang tinggi dan terletak di dekat daerah tempat Pertempuran Honayn terjadi, di timur laut Kegubernuran Taif. Tepatnya Wadi Waj di daerah di mana terdapat jalur Zubaydah jalur ibadah haji masa lalu.

Istana ini berbeda dengan istana lainnya di Arab. Bangunannya pemandangan taman hijau dan tetap bertahan hingga sekarang. Sekitar istana terdapat pertanian dan kebun subur di lereng Wadi Jabra yang terdapat aliran air yang deras saat hujan dan menerima air dari lokasi yang jauh.

Bangunan istana dibuat berbagai jenis batu dan perwujudan gaya arsitektur menawan dari desain Islam dan Romawi di samping teknik tradisional Hijazi yang dominan di masa lalu. Hiasan plester dengan berbagai bentuk dan ukuran yang luar biasa menambah sentuhan akhir artistik pada bangunan megah ini. Bahkan Raja Saud bin Abdulaziz adalah salah satu penghuni istana ketika dia menjadi putra mahkota. Sayang istana Jabra ini tidak terawat dengan baik. (dari berbagai sumber)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain