Quranic Park Destinasi Wisata Terinspirasi dari Al Quran

quranic park

Quranic Park di Dubai adalah salah satu destinasi wisata yang cepat mendunia. Majalah Time memasukkannya dalam “World’s Greatest Places”. Daftar tersebut terdiri dari 100 destinasi wisata terkenal di seluruh

Berlokasi di Al Khawaneej, Quranic Park dapat dikunjungi secara gratis ini. Taman ini dirancang untuk memberikan pemahaman budaya dan edukasi mengenai peninggalan Islam dan kunjungan wisata keluarga.  Taman Quranic Park terbagi menjadi dua area yaitu The Glass House dan The Cave of Miracles. Di dalam The Glass House dapat ditemukan 29 ragam tanaman dan pohon yang tertera dalam Al-Quran, termasuk pohon zaitun dan pohon ara, tanaman henna dan lidah buaya, dan masih banyak lagi. Sementara, The Cave of Miracles merealisikan berbagai keajaiban yang tertera dalam Al-Qur’an.

Laman Reuters melansir bahwa pada pekan pertama setelah dibuka mampu menarik 100.000 pengunjung.Tempat edukasi ini memiliki 12 taman. Ada “Gua Mukjizat” dan danau yang terbelah. danau tersebut merupakan simbol ketika Nabi Musa ketika membelah Laut Merah.

Terdapat pula pohon zaitun, anggur, delima, buah ara yang terhampar di atas tanah seluas 64 hektar. Tumbuhan-tumbuhan tersebut memang disebut dalam Al Quran dan juga mempunyai khasiat bagi kesehatan.

Faeqa Akram, insinyur arsitektur kota Dubai menyebut ada 45 jenis tanaman yang terdapat dalam sunah dan Al-Quran di taman ini. Diantaranya ada buah pisang, melon, bawang putih, bawang prei, jagung, lentil, gandum, biji adas, jahe, asam, kemangi, labu hingga mentimun. “Anak-anakku belajar tentang tanaman ini, dan mereka punya pertanyaan tentang Al-Qur’an dan mukjizat,” kata pengunjung bernama Omar al-Kaabi seperti dilansir laman antaranews.

Adanya peta tiga dimensi dan tampilan hologram menjadikan pengunjung juga bisa belajar tentang kisah Nabi Isa yang menghidupkan burung dari tanah serta enam mukjizat dari nabi-nabi lain yang disebut dalam Al-Quran “Ini ide yang bagus, tepat di jantung agama Islam kami,” ujar Anan al-Hourani, salah satu pengunjung.

Para pengunjung dapat masuk ke taman gratis alias tanpa biaya, kecuali ke “Gua Mukjizat” dan Rumah Kaca.Pengunjung juga dapat mengunduh aplikasi Smart Guide yang tersedia dalam delapan bahasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain