Berziarah ke Makam Keramat Empang Bogor

Salah satu tujuan peziarah ketika merka berada di kota Bogor, Jawa Barat adalah Makam Keramat Empang. Makam ini terletak di kompleks Masjid Annur, Kawasan Empang Bogor Selatan, Kota Bogor.

Makam tersebut merupakan makam para habib yang menjadi panutan umat Islam khususnya Bogor. Lokasinya tepat di Jalan Lolongok. Diantara makam yang paling menonjol adalah makam Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas. Selain itu dikomplek makam tersebut ada makam Al Habib Mukhsin Bin Abdullah Al Athas, Al Habib Zen Bin Abdullah Al Athas, Al Habib Husen Bin Abdullah Al Athas, Al Habib Abu Bakar Bin Abdullah Al Athas, Sarifah Nur Binti Abdullah Al Athas, dan makam murid kesayangannya yaitu Al Habib Habib Alwi Bin Muhammad Bin Tohir.

Peziarah yang berziarah kubur pada makam tersebut tidak hanya masyarakat Bogor saja tetapi juga masyarakat luar kota yang datang untuk mencari keberkahan. Warga sekitar Kampung Arab Empang dan keturunan habib rutin melakukan ziarah kubur di makam habib pada waktu-waktu tertentu. Biasanya majelis-majelis sampai para politisi melakukan ziarah kubur pada makam habib.

Habib Abdullah bin Mukhsin Al Athas adalah seorang waliyullah yang berjasa dalam perkembangan Islam di Indonesia. Al Habib Abdullah bin Mukhsin Al-Athas lahir di Desa Haurah, Hadhramaut, Yaman, pada hari Selasa 20 Jumadil Awal 1265 Hijriyah. Habib Abdullah wafat Habib Abdullah wafat pada hari Rabu, awal bulan Muharam 1352 H atau bertepatan pada 26 April 1933 M pada usia 86 tahun.  Sepeninggal Habib Abdullah, majelis taklim dilanjutkan oleh sahabat sekaligus muridnya yakni Habib Alwi bin Thohir al-Haddad. Dari majlis itu lahirlag Majelis Taklim Masjid an-Nur Keramat Empang, Bogor yang sekarang masih terua aktif.

“Habib Abdullah bin Mukhsin Al Athas adalah seorang waliyullah yang berjasa dalam perkembangan Islam di Indonesia”

Makam Keramat Empang termasuk dalam delapan makam ulama populer yang sering dijadikan rujukan untuk para peziarah di Jabodetabek. Selain Makam Mbah Priok, Makam keramat Habib Husein Luar Batang, Makan Pangeran Jayakarta di Jatinegara, makam al Hawi di Condet, makam Habib Ali Kwitang di Kwitang, Makam habib Kuncung di Kalibata.

Lokasi makam tersebut  berada di Jalan Lolongok, RT 02 RW 04, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. Daerah ini dinamakan Empang karena dulu dikelilingi oleh banyak empang.  Setiap malam Jumat, selalu diadakan pembacaan kitab Maulid Nabi ad-Dibai, yang dibacakan di dalam masjid, tepatnya di ruang tengah yang hanya dibuka saat pengajian malam Jumat. Bila ada acara Maulid Nabi yang diselenggarakan di masjid ini selalu ramai oleh para jamaah, bahkan dari luar daerah Bogor. (Dari berbagai sumber)

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain