Tajug Sebuah Makam Keramat di Tangerang Selatan

Di daerah Serpong Tangerang Selatan ada sebuah makam yang cukup kesohor sebagai makam keramat. Makam tersebut terletak di Tajug. Di makam tersebut bersemayam putra Sultan Ageng Tirtayasa bernama Raden Muhammad Atif atau yang dikenal sebagai Tubagus Atif.

Sosok Tubagus Latif adalah pejuang yang melawan VOC kala itu.  Saat itu banyak pejuang mempertahankan wilayah Benteng Selatan dan tidak sedikit gugur hingga daerah itu dikuasai penjajah.

Sultan Ageng Tirtayasa, yang kala itu memimpin Kesultanan Banten, langsung mengutus putranya, Tb Athif untuk mempertahankan wilayah Benteng Selatan.

Selain untuk mempertahankan wilayah, Tb Athif pun ditugaskan sang Ayah untuk menyebarkan agama Islam di wilayah Cilenggang, Benteng Selatan dan menetap Cilenggang setelah warga setempat memintanya untuk tetap tinggal di daerah tersebut.  

Melalui Budaya “Ngerauk” dan mengaji dengan mengunjungi pesantren-pesantren Islam mulai berkembang dengan pesat di daerah tersebut.

Akhirnya Beliau menikah dan tinggal sampai akhir hayat di Desa Cilenggang, dan dimakamkan di Makam Kramat Tajug, Kelurahan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan.

Areal makamnya terletak di sebuah bukit kecil. Makam utama berada berada di dalam sebuah bangunan berbentuk cungkup. Di makam utama itulah tempat bersemayamnya Raden Wetan Muhammad Atif atau lebih dikenal Tubagus Atif.

Makam tersebut berada di dalam bangunan persegi yang lantainya dilapisi keramik dan marmer. Atapnya merupakan gabungan konstruksi kolom beton dan kayu.

Pada sisi  barat bangunan cterdapat sebuah Mushola. Di sisi barat makam M. Atif bin Sultan Ageng Tirtayasa terdapat makam Ratu Ayu binti Sultan Ageng Tirtayasa, yang tidak lain adalah adik perempuannya. Makam ini memiliki bentuk yang relatif sama.

Makam ini sampai sekarang kerap diziarahi kaum muslimin. Apalagi kalau ada perayaan yang terlah berlangsung secara turun temurun. Salah satu yang menarik dalam haul adalah mencuci pusaka kramat Tajug.  

Pencucian bertempat di Makam Kramat Tajug. Prosesi pencucian benda pusaka dimulai dengan shalawat yang dihadiri ratusan orang. Setelah itu dilanjutkan dengan mencuci menghadap makam.

Sebagai seorang ulama dan pejuang, Tubagus Atif meninggalkan banyak teladan bagi masyarakat sekitar. Seperti juga makam keramat di tempat lain yang jadi tujuan ziarah.

Bila Anda ingin menziarahinya makam ini terletak di Makam Keramat Tajug secara administrasi berada di Jalan Raya Serpong no 34, Kelurahan Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. (dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan:

Artikel Lain

lailatul qodar

Empat Tanda Lailatul Qodar

Malam lailatul qodar adalah malam yang ditunggu kaum muslimin saat bulan Ramadhan tiba. Banyak keutamaan di malam mulia tersebut. Diantara keutamaan adalah diampuni dosanya yang